Selasa,24 November 2015

GEOLOGI DAN BUMI



Tugas Geologi Fisik Dan Geologi Dinamik

GEOLOGI DAN BUMI

Oleh
MOHAMAD DIO PANGULU
471415010

Dosen Pengampu
Intan Noviantari Manyoe, S.Si., M.T

PROGRAM STUDI TEKNIK GEOLOGI
JURUSAN ILMU DAN TEKNOLOGI KEBUMIAN
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
GORONTALO
2015

BAB 1


Bab 1
Geologi dan Bumi
A. Rangkuman


Geologi adalah ilmu yang mempelajari tentang bumi termasuk material-material yang terbuat dari perubahan fisik dan perubahan kimia yang terjadi di permukaan dan di bagian dalam bumi, dan sejarah planet bumi serta bentuk kehidupannya.


Sebagian besar Bumi terdiri dari batuan, dan batuan terdiri atas mineral-mineral penyusunnya. Proses internal bergerak ke benua dan menyebabkan gempa bumi dan gunung berapi; proses permukaan mengikis pegunungan dan lembah. Hidrosfer terdiri dari air sungai, danau, dan lautan; di atmosfer; es (yang membeku) pada gletser. juga mencakup air tanah yang membasahi tanah dan batuan hingga kedalaman 2 atau 3 kilometer.


Atmosfer merupakan campuran dari gas-gas, yang sebagian besar nitrogen dan oksigen. 99% terkonsentrasi 30 kilometer dari permukaan bumi , namun beberapa jejak masih terdapat sampai 10.000 kilometer di atas permukaan bumi. Organisme dari biosfer, termasuk manusia, mempengaruhi dan dipengaruhi oleh proses permukaan Bumi serta komposisi dari hidrosfer dan atmosfer. Ahli Paleontologi mempelajari evolusi dan sejarah kehidupan dari awal hingga saat ini.

Prinsip Uniformitarianisme menyatakan bahwa perubahan geologi terjadi selama periode waktu yang panjang oleh rangkaian peristiwa yang nyaris tak dapat diketahui. Demikian pula, dalam waktu geologi yang sangat penting. Proses-proses yang terjadi terlalu lambat atau jarang berdampak pada kehidupan keseharian kita, ini juga sangat penting dalam sejarah Bumi. Di sisi lain, catastrophism mengatakan bahwa perubahan geologi ini terjadi selama peristiwa bencana yang langka. Saat ini, ahli geologi tahu bahwa kedua uniformitarianisme dan catastrophism keduanya adalah benar.


Sejarah bumi selama kurang lebih 4,6 miliar tahun dibagi menjadi ribuan tahun, era, periode,
dan zaman, yang didasarkan pada jenis kehidupan yang ada di berbagai
macam waktu.


 Sistem Tata Surya terbentuk dari debu dan gas yang berotasi (berputar) secara perlahan-lahan di ruang angkasa. Saat debu dan gas-gas mulai berpusat pada satu tempat, gas-gas tadi mulai tertarik ke dalam dengan kecepatan yang cukup untuk memulai reaksi penggabungan nuklir dan menciptakan Matahari. Pada cakramnya, planet-planet terbentuk dari penggabungan debu dan gas. Pada planet-planet dalam, sebagian besar elemen-elemen yang ringan keluar , tetapi itu semua adalah komponen yang penting dalam planet-planet luar. 

Bumi modern pada saat ini terdiri dari inti padat yang berasal  dari besi dan nikel, bebatuan mantel masih berkepadatan rendah, dan kerak masih berkepadatan lebih rendah lagi. Sebuah hipotesis menyatakan bahwa inti dan mantel sebelumnya telah ada pada bumi. Sebuah hipotesis alternatif menyatakan bahwa bumi itu awalnya homogen(sama jenis). Planet primordial (planet awal) mulanya dipanaskan oleh energi dari kumpulan gaya  gravitasi asli, oleh runtuhan radioaktif, dan oleh pengeboman dari luar angkasa. Panas ini menyebabkan semua atau sebagian dari bumi mencair, dan material-material padat menetap ke pusat untuk membentuk inti, sedangkan yang kurang padat mengapung ke permukaan untuk membentuk mantel.


Pengkajian risiko adalah analisis resiko geologis yang disebabkan oleh manusia dan pelaksanaan kebijakan berdasarkan analisis tersebut. Analisis biaya manfaat membandingkan biaya moneter dari penyelesaian masalah dengan manfaat-manfaat keuangan dari solusi tersebut.
B. Kata Kunci
1.       Batuan adalah benda padat yang terbuat secara alami dari mineral dan mineraloid.
2.      Mineral adalah padatan senyawa kimia homogen (sama jenis). Non organik yang memiliki bentuk teratur dan terbentuk secara alami.
3.    Proses Internal  adalah proses yang terjadi didalam bumi hingga terbentuknya pegunungan, gempa, dan gunung berapi serta gerakkan lempeng tektonik.
4.     Surface process (proses permukaan) adalah proses yang terjadi dipermukaan bumi yang menyebabkan pengikisan yang disebabkan oleh air, angin, suhu dan gravitasi.
5.         Hidrosfer adalah lapisan air yang berada di bawah ditanah.
6.         Atmosfer adalah lapisan atas yang terdiri dari oksigen dan nitrogen.
7.         Biosfer adalah lapisan tanah yang terdiri dari makhluk hidup yang ada dibumi.
8.        Uniformitarianisme adalah proses pembentukan bumi secara lambat.
9.        Catastrophism adalah pembentukan bumi secara cepat yang terjadi karena bencana alam.
10.  Skala waktu geologi adalah skala waktu yang digunakan oleh para ahli geologi untuk  menghubungkan antara peristiwa yang tejadi pada sejarah bumi.
11.     Protosun adalah bayi-bayi matahari .
12.     Planetesimal adalah teori yang menerangkan tentang proses pembuatan tata surya.
13.     Fusi nuklir adalah proses penggabungan atom-atom hingga membentuk inti atom.
14.     Planet teristrial adalah planet dalam yang sebagian besar terdiri dari batu silikat.
15.   Planet jovian adalah planet yang berada pada lintasan luar orbit yang terdiri dari planet Jupiter, saturnus, uranus, dan lainnya.
16.     Inti adalah bagian dalam dari bumi.
17.     Mantel adalah bagian lapisan yang berada diantara inti dalam dan inti luar.
18.     Kerak adalah lapisan teratas bumi.

Komentar

Postingan Populer