MASS WASTING



Tugas Geologi Fisik Dan Geologi Dinamik
MASS WASTING

Oleh
MOHAMAD DIO PANGULU
471415010
Dosen Pengampu
Intan Noviantari Manyoe, S.Si., M.T
PROGRAM STUDI TEKNIK GEOLOGI
JURUSAN ILMU DAN TEKNOLOGI KEBUMIAN
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
GORONTALO
2015
 
Mass Wasting adalah perpindahan massa batuan atau tanah akibat gaya gravitasi. Faktor penyebab terjadinya gerakan pada lereng juga tergantung pada kondisi (1) kecuraman lereng, (2) orientasi dan jenis lapisan batuan, (3) sifat bahan yang tidak terkonsolidasi, (4) iklim dan vegetasi, dan (5) gempa bumi atau letusan gunung berapi.
Mass Wasting juga dapat dikategorikan dalam tiga jenis yaitu: aliran, slide, dan fall. Selama aliran berlangsung, batuan, tanah, dan air bergerak sebagai cairan kental. Creep adalah jenis aliran lambat yang terjadi pada tingkat sekitar 1 cm per tahun. puing-puing aliran terdiri dari campuran di mana lebih dari setengah partikel mempunyai bentuk lebih besar dari pasir. Earthflows dan mudflows adalah perpindahan massa partikel yang didominasi dari butiran halus yang dicampur dengan air. Earthflows memiliki tingkat air kurang dari mudflows dan karena itu juga terjadi kekurangan cairan. Solifluction adalah jenis aliran yang terjadi ketika tanah jenuh air bergerak ke bawah lereng, biasanya lebih permafrost.
Slide adalah perpindahan massa yang koheren dari material. Slump adalah jenis pergeseran di mana massa berpidah pada permukaan cekung. Dalam sebuah longsoran batu, segmen baru terpisah dari batuan dasar slide sepanjang bidang perlapisan miring atau fraktur. fall terjadi ketika partikel jatuh atau terguling menuruni tebing yang curam. Gempa bumi dan letusan gunung berapi memicu penghancuran Mass Wasting. Kerusakan habitat manusia dapat dihindari dengan perencanaan yang tepat dan baik..
kata kunci
1. Mass wasting adalah perpindahan material bumi  ke lereng bawah akibat pengaruh gaya gravitasi
2.          sudut diam adalah kemiringan maksimum atau sudut di mana material lepas tetap stabil.
3.          aliran adalah Mass wasting di mana partikel individu bergerak lereng bawah sebagai setengah cairan, bukan sebagai konsolidasi massa.
4.          Slide adalah setiap jenis Mass Wasting batu atau regolith yang bergerak sebagai koheren di sepanjang bidang perlapisan miring atau fraktur.
5.          Fall adalah jenis MassWasting dimana massa batu atau regolith jatuh bebas atau memantul ke tebing yang curam
6.          Creep adalah gerakkan lambat perpindahan dari material terkonsolidasi yang dipengaruhi gaya gravitasi
7.          Debris flows adalah jenis Mass Wasting dimana partikel berpindah sebagai cairan dan lebih dari setengah partikel  lebih besar dari pasir
8.          Mudflows adalah Mass Wasting dari campuran partikel tanah yang berbutir halus dengan jumlah air yang besar
9.          Earthflows adalah massa yang mengalir dari butiran halus partikel tanah yang dicampur dengan air. Earthflows lebih kurang cairan dari pada mudflows
10.      Solifluction adalah perlambatan mass wasting dari tanah air jenuh yang biasanya terjadi selama permafrost
11.      plump adalah jenis Mass Wasting di mana batuan dan regolith berpindah pada permukaan cekung
Referensi: Thompson&Turk-Introduction to Physical Geology
 
 

Komentar

Postingan Populer