PELAPUKAN



Tugas Geologi Fisik Dan Geologi Dinamik
PELAPUKAN

Oleh
MOHAMAD DIO PANGULU
471415010
Dosen Pengampu
Intan Noviantari Manyoe, S.Si., M.T
PROGRAM STUDI TEKNIK GEOLOGI
JURUSAN ILMU DAN TEKNOLOGI KEBUMIAN
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
GORONTALO
2015
 
Pelapukan adalah suatu proses degradasi batuan dan mineral di permukaan bumi. 
 Erosi adalah pengikisan batu batu lapuk atau tanah yang disebabkan oleh air, angin, gletser, atau gravitasi. Setelah batu atau tanah telah terkikis dari lingkungan terdekat,mungkin dipindah pada lingkungan yang luas lalu di diamkan.pelapukan mekanik dapat terjadi oleh embun beku, abrasi,aktifitas organic, suhu,dan kontraksi, serta tekanan pada rekahan. Pelapukan kimia terjadi ketika reaksi kimia membusuk pada mineral. Beberapa mineral dilrutkan dalam air, asam basa sering kali meningkatkan kelarutan mineral. Air hujan sedikit asam karena reaksi antara air dan karbon dioksida pada atmosfer. Sebuah masalah lingkungan yang serius yang disebabkan oleh hujan asam. Hidrolisis mineral feldspar pada umumnya dan lainnya kecuali kuarsa adalah bentuk pelapukan kimia. Oksidasi adalah reaksi oksigen yang menguraikan mineral. Pelapukan kimia dan pelapukan mekanik sering terjadi secara bersama-sama, sebagai contoh, perembesan ke celah-celah mungkin menyebabkan batu untuk memperbanyak garam atau hidrolisis. Hidrolisis penggabungan dengan tekanan release rekah untuk membentuk di lapisan granit. Tanah adalah suatu lapisan lapuk yang diatasnya merupakan batuan dasar. Pasir, lumpur, tanah liat, dan humus umumnya ditemukan di tana. Air larutan ion akan larut kebawah melalui tanah lempung yang juga diangkut kebawah oleh air. Lapisan paling atas dari tanah yang disebut cakrawala., sebagian besar yang terdiri dari sampah dan humus. Jumlah bahan organic menurun ke bawah.cakrawala A adalah zona pencucian, dan cakrawala B adalah zona akumulasi. Enam factor pengontrol karakterristik tanah, yaitu: batuan tua, iklim, tingkat pertumbuhan dan peluruhan, aspek kemiringan dan kecuraman, waktu, dan transportasi. Dalam iklim kering pedocals untuk m. dalam pedocals ion yang habis akan mengendap dicakrawala b. dimana mereka menumpuk dan dapat membentuk caliche, di iklim lembab. Tanah berkembang, di wilayah ini ion yang larut dikeluarkan dari tanah. Meninggalkan tempat yang konsentrasinya tinggi, yang kurang aluminium dan besi. Laterit tanah terbentuk di iklim yang sangat lembab dimana semua ion yang lebih akan larut.
 
 
Kata kunci

1.      Pelapukan adalah dekomposisi dan disintegrasi batuan dan mineral di permukaan bumi oleh mekanik dan proses kimia

2.      Erosi adalah pengikisan batuan dan mineral lapuk yang diakibatkan oleh air, angina, es, dan gravitasi.

3.      Pelapukan fisika adalah dientrigasi mekanik batuan menjadi potongan kecil oleh proses fisik.

4.      Pelapukan kimia adalah komposisi kima batuan dan mineral oleh paparan udara, air, dan bahan kimia lain dilingkungan.

5.       Tekanan release adalah proses dimana fraktur batuan seperti batua atasnay mengikis dan tekanannya mengurang.

6.       Proses pembekuan adalah diman proses air membeku dalam retakan di batu.

7.       Talus kemiringan akumulasi adalah batuan sudut yang longgar dari dasar tebing yang telah jatuh terutama sebagai hasil pembekuan.

8.       Abrasi adalah adalah proses terkikisnya pinggiran pantai oleh air laut.

9.       Hidrolisis adalah proses pelapukan dimana air bereaksi dengan mineral untuk membentuk mineral baru dengan air yang dimasukkan kedalam struktur Kristal.

10.   Oksidasi adalah kehilangan electron dari senyawa atau elemen selama reaksi kimia, dalam pelapukanmineral pada umumnya, oksidasi terjadi ketika mineral bereaksi dengan molekul oksigen.

11.   Pelapukan seluruhnya dalah dimana tepi dan sudut lebih cepat mengalami pelapukan daripada bagian atas yang menimbilkan bentuk bulat.

12.   Proses garam retak adalah pelapukan dimana air asin bermigrasi kedalam pori-pori pada batu, ketika air menguap, garam, mengkristal,mendorong biji-bijian .

13.   Pengelupasan adalah proses dimana lempengan konsentrasi kerang memisahkan diri dari massa batuan yang utama seperti lapisan bawang.

14.   Regolith adalah pelonggaran, terkonsolidasi, pelapukan, pada batuan dasar.

15.   Tanah adalah lapisan atas dari regolith yang mendukung pertumbuhan tanaman.

16.   Cakrawala adalah lapisan paling atas dari tanah yang terdiri dari campuran humus dan dibersihkan oleh cuaca mineral.

17.   B Cakrawala adalah lapisan tanah yang tepat di bawah horizon A, disebut lapisan tanah ion kehabisan dari horizon A dan cakrawala menumpuk.

18.   C cakrawala adalah lapisan tanah terutama terdiri dari sebagian batuan dasar yang lapuk yang terdegradasi kebawah batuan.

19.   Pencucian adalah pembubaran dan pergeseran gerakan kebawah dari komponen larut batu dan tanah yang meresap.


20.   Zona akumulation adalah bagian atas gletser dimana lebih banyak salju menumpuk dimusim dingin dan mencair dimusim panas dan salju terakumulasi dari tahun ketahun.

21.   Tindakan kapiler adalah proses dimana air ditarik keatas melalui pori-pori kecil oleh tariakan listrik pada dinding pori.

22.   Pedocal adalah tanah yang terbentuk dari iklim kering dan semi kering yang ditandai dengan akumulasi kalsium karbonat dan mineral lainnya di ufuk b.

23.   Caliche adalah lapisan tanah keras yang terbentuk katika lapisan karbonat edapan dan semen tanah.

24.   Proses salinisasi adalah proses dimana garam menumpuk ditanah ketiaka air, terutama air irigasi, menguap dari air tanah.

25.   Padelfer adalah jenis tanah yang terbentuk dilingkungan lembab ditandai dengan bei dan aluminium oksida yang berlimpah dan konsentrasi tanah liat pada horizon b.

26.   Laterit adalah

27.   Bauksit adalah abu-abu kuning atau kemerahan batu coklat yang terdiri dari campuran aluminium oksida dan hidroksida yang merupakan biji utama dari aluminium.


Referensi: Thompson&Turk-Introduction to Physical Geology 

Komentar

Postingan Populer