BATUAN METAMORF

Tugas geologi fisik dan geologi dinamik





BATUAN METAMORF




OLEH:
MOHAMAD DIOPANGLU
471415010

Dosen pengampuh
INTAN NOVIANTARI MANYOE, S.Si.,M.T

PROGAM STUDI TEKNIK GEOLOGI
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
GORONTALO
2015
 
Batuan Metamorf
Metamorfosis adalah proses dimana batuan padat dan mineral akan berubah pada saat terjadi perubahan kondisi lingkungan.
Kebanyakanreaksimetamorfterjadikarenamasing-masingmineralyang stabilmemiliki jarak yang dekata dengansuhu,tekanan, danlingkungankimia. Jikasuhuatautekanannaik di atasrentangtersebut, sertajikaterjadi perubahan lingkungan kimia, maka akanterurai mineral dankomponen-komponennyadan bergabungkembaliuntukmembentuk mineral baru yang stabilpadakondisibaru. Deformasimenimbulkan foliasi.Keduatekstur dan mineral yang dapatberubahsepertibatu itu adalah bermetamorfosa.Mineralogi metamorf adalahsebuah batuan metamorf yang memperlihatkan kelas, suhu dan tekanannya pada saat pembentukan terbentuk. Kelas metamorf sering diungkapkan oleh istilah relatif rendah, menengah,dan metamorfosis yang berkualitas tinggi.
Metamorfosis terjadi ketika intrusi batuan beku memanaskan batu alam yang didekatnya. Hasil penindikan batuan metamorf akan meningkatkan suhu dan tekanan. Pada umumnya seperti sedimen basin yang tertindih. Kedua jenis metamorfosis menghasilkan nonfoliated batuan metamorf. Metamorfosis Regional adalah bentuk dari foliated batu.  Iniadalahjenis yang paling umum dari metamorfosis dan disebabkan oleh meningkatnya suhu dan tekanan disertai dengan deformasi tektonik, yang umumnyadekat dengan zonasubduksi.Hidrotermalmetamorfosis terjadiketika cairanpanas bermigrasimengubahkomposisikimia daribatuan.
Semuabatuanmetamorf yang terbentuk di bawah,identikdengan suhudantekananyang dikelompokkanmenjadimetamorffacies.
 
 

Kata Kunci
1.  Metamorfosis adalah Proses dimana batuan dan mineral berubah dalam mengalami perubahan suhu, tekanan, kondisi kimia atau deformasi.
2.  Deformasi adalah Kesalahan lipatan atau perubahan lain dalam bentuk batuan atau mineral dalam menahan kuatnya mekanik seperti yang terjadi di daerah tektonik aktif.
3.  Folikasi adalah Lapisan pada batuan metamorf
4.  belahan Kelabu adalah Folikasi metamorf yang selaras dalam bidang tegak lurus dan arah tegangan dalam tekanan tektonik yang maksimum.
5.  Kelas Metamorf adalah Batuan metamorf yang terbentuk pada suhu dan tekanan yang maksimum.

6.  Panas Bumi Gradien adalah Tingkat bumi dimana suhu dalam bumu terjadi peningkatan.

7.  Pembentukan Metamorf adalah Metamorfosis disebabkan oleh pemanasan batuan atau penambahan cairan dari intrusi batuan beku didekatnya.

8.  Metmorfosis Regional adalah Daerah metamorf yang luas dimana merupakan daerah yang sangat besar dan memiliki volume batuan, yang meliputi dinamotermal
9.  Deposit mineral seperti lembaran yang mengisi ruang mineral, yang diendapkan dari larutan air panas.


10.      Metamorfosis adalah Proses dimana batuan dan mineral berubah dalam mengalami perubahan suhu, tekanan, kondisi kimia atau deformasi.

11.      Metasomatisme adalah Metamorisme yang disertai pengantar ion dari sumber eksternal.

12.      Cairan Magma adalah Batuan cair yang dihasilkan dari dalam bumi.

.
13.      Metamorf Fasis adalah Jenis batuan metamorf yang terbentuk dibawah kondisi suhu dan tekanan yang sama.

Komentar

Postingan Populer