pengantar geofisika

Pengantar Geofisika
·         Pengertian geofisika
secara umum geofisika dapat diartikan sebagai suatu kajian yang terstruktur tentang fenomena alam, pengukuran dan karakterisasinya serta penggunaannya untuk pencarian sumber daya alam, khususnya ditinjau dari aspek-aspek fisika. Untuk memahami geofisika secara baik, diperlukan dasar-dasar yang kuat dalam fisika, geologi dan matematika. Perkembangan keilmuan yang pesat, terkadang memerlukan pula kemampuan dalam bidang komputasi dan instrumentasi.  Dalam pelaksanaannya, geofisika acapkali dirujuk sebagai suatu kajian (misalnya kajian mengenai struktur dalam bumi, perubahan medan magnetik bumi, geodinamika dan kajian lainnya), tetapi seringkali geofisika juga dianggap sebagai sekumpulan alat atau tools (misalnya metoda-metoda untuk eksplorasi, metoda-metoda untuk peramalan dan metoda lainnya).
hubungan antara geologi dan ilmu ilmu lain.

Meskipun manusia telah mencoba untuk memahami fenomena alam sejak lama, sebagai geofisika sebagai ilmu baru berkembang beberapa ratus tahun yang lalu. Pemahaman bahwa Bumi mengelilingi Matahari (dan bukan sebaliknya) yang dipelopori oleh Copernicus, barangkali dapat dianggap sebagai salah satu tonggak awal pertumbuhan geofisika. Pada tahun 1600, William Gilbert menyimpulkan bahwa Bumi adalah sebuah magnet yang besar. Dengan kesimpulan ini, salah satu sifat dasar dari Bumi mulai dikenali. Beberapa waktu kemudian, Newton menggagas tentang gravitasi yang juga menjadi sifat dasar dari Bumi sebagai suatu kumpulan massa. Geofisika tumbuh menjadi kajian yang lebih menarik lagi setelah para ilmuwan mulai mempelajari gempabumi dan rekamannya. Rekaman gempabumi dari berbagai lokasi ternyata dapat digunakan untuk mempelajari struktur perlapisan di dalam Bumi. Berdasarkan proses penjalaran gelombang mekanik di dalam Bumi, para ahli seismologi kemudian membagi Bumi menjadi kerak, mantel, inti bagian luar dan inti bagian dalam. 

·         Teknologi geofisika dan sumber daya mineral
ilmu geofisika dalam pencarian minyak dan gas 




Hanya indonesia yang bergabung pada produksi minyak dan gas untuk memenuhi kebutuhan energinya. Ini sama saja dengan bergantung pada kandungan mineral untuk membiayai ekonomi industri yang merupakan dasar peradaban modern. Angka kandungan mineral yang terus digali menunjukan permintaan yang terus menigkat sesuai dengan pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan teknologi geofisika dapat membantu menemukan cadangan migas dan ini harus digunakan sebaik baiknya supaya kebutuhan mineral menjadi lebih tercukupi.

·         Teknik geofisika
ahli geofisika 

Secara khusus perkembangan ilmu geofisika sebagian mengarah ke teknologi. Pada mulanya bidang ini hanya mencoba menyediakan teknik pengukuran dan perhitungan hipotesis geologi, namun kemudian berkembang ke arah teknik pemanfaatan sumber daya. Contohnya adalah teknologi seismik unruk eksplorasi minyak dan gas bumi, gaya berat dan magnetik untuk eksplorasi mineral bijih, serta geolistrik dan elektromagnetik untuk sumber daya panas bumi. Akhir –akhir ini juga berkembang ke arah pengujian bahan konstruksi dangkal serta  pemantauan lingkungan, mislanya dengan berkembangnya pengujian yang tidak merusak serta pengukuran polutan dan penggunaan radar.  

referensi : Djoko santoso,  Bandung ,2002. Pengantar teknik geofisikaITB
Institute Teknologi Bandung, 

Komentar

Postingan Populer