INTEGRASI MASALAH GEOFISIKA EKSPLORASI

INTEGRASI MASALAH GEOFISIKA EKSPLORASI

       A.  Pengertian integrasi masalah geofisika eksplorasi
Istilah integrasi berasal dari bahasa inggris yaitu integration yang berarti pembauran hingga menjadi kesatuan  yang utuh dan bulat. integrasi juga berarti proses mengkoordinasikan berbagai tugas, fungsi dan bagian-bagian, sedemikian rupa dapat bekerja sama dan tidak saling bertentangan dalam pencapaian sasaran dan tujuan. Sedangkan maslah geofisika berarti sesuatu yang mesti diselesaikan yang berkaitan dengan eksplorasi alam. Jadi dari hal ini dapat saya tarik kesimpulan bahwa integrasi masalah geofisika eksplorasi merupakan suatu pembaharuan yang harus dilakukan oleh kita untuk menyikapi masalah geofisika eksplorasi tersebut atau masalah eksplorasi bumi kita. Dalam hal ini banyak sekali kaitannya mengenai masalah eksplorasi, karena bnyak kajian yang dilibatkan dalam hal ini. Adapu beberapa yang terkait dalam masalah geofisika eksplorasi adalah
1. Bencana
Bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan  dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik oleh faktor alam dan/atau faktor nonalam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis. Dalam peristiwa bencana ini banyak hal yang bisa terjadi karena bencana alam ini disebabkan oleh peristiwa alam dan juga non alam. Untuk bencana yang non alam ini biasa disebabkan oleh aktifitas manusia yang memanfaatkan proses teknologi dan juga perindustrian yang ada. Akibat penanganan dan pengolahan yang kurang tepat. Dan bencana alam biasanya terjadi tanpa kita duga-duga, seperti banjir, gempa bumi, dan juga tanah longsor. Nah hal ini juga merupakan permaslahan yang ada pada geofisika eksplorasi. Maka dari itu perlu dilakukan pembaharuan lebih lanjut. Pembaharuan ini dapat dilakukan dengan melakukan pemetaan pada titik-titik yang labil akan terjadinya pristiwa bencana. Dan juga melakukan mitigasi bencana berupa mitigasi gempa bumi. Ini merupakan bebrapa contoh yang bisa dikaitkan dengan proses pembaharuan dalam bidang bencana.













 gambar 1. peristiwa bencana

       2.   Air Tanah
Air tanah adalah air yang terdapat dalam lapisan tanah  atau bebatuan di bawah permukaan tanah. Air tanah merupakan salah satu sumber daya air yang keberadaannya terbatas dan kerusakannya dapat mengakibatkan dampak yang luas serta pemulihannya sulit dilakukan. Sehingganya melalui pembaharuan ini kita dapat menangani masalah yang ada pada air tanah. Adapun beberapa cara yang dapat dilakukan untuk pembahruan tersebut adalah melakukan pemetaan air tanah, hal ini dapat dilakukan guna untuk dapat melihat sejauh mana persedian air tanah masih ada untuk wilayah kita, sehingganya dengan begitu penggunaan air tanah dapat kita control sendiri, karena jika tida maka air tanah semakin hari akan semakin berkurang persediannya, dan kitalah yang akan dirugikan dalam hal tesebut. Selanjutnya melakukan pemetaan penyebaran pencemaran air tanah, dengan melakukan hal tersebut, setidaknya kita mampu meanggulangi sedikit demi sedikit masalah dari pencemaran air tanah,  sehingganya kita bisa mencari solusi, dan pencemaran akan segera dapat ditanggulangi. Karena jika terus dibiarkan pencemaran air tanah ini dapat membahayakann pasokan air tanah yang ada dibumi. Pencemaran air tanah ini sering di akibatkan oleh aktifitas manusia yang kurang bertanggung jawab. Apalagi sekarang masalah pencemaran ini sedang merajalela.


















gambar 2. pencemaran air tanah














gambar 3. eksplorasi air tanah

3. Geologi
Geologi merupakan kajian ilmu yang membahasa tentang bumi dan juga segala periatiwa yang ada dalam bumi, sejarah pembentukannya, dan juga bagian-bagian yang ada dalam bumi. Dalam hal ini yang perlu diperbaharui adalah masalah stratigrafi bumi, karena bumi dapat mengalami perubahan dalam jangka waktu tertentu, jadi hal ini dapat kita perbaharui dengan cara mencari dan mengumpulkan data yang ada untuk kita olah, dan bisa dipublikasikan untuk keperluan belajar untuk mahasiswa kebumian, dan hal ini sangat dapat membantu kita. Selain itu struktur batuan dan juga tektonika, dapat kita perbaharui data-data yang sudah ada, kita cocokan lagi dengan peta regional yang ada dan disesuaikan dengan keadaan wilayah. Pembaharuan geologi dapat kita lakukan secara berkala untuk dapat melihat perbandingan perubahan alam yang terjadi, sehingga kita bisa menangani masalah eksplorasi bumi yang terjadi.

gambar 4. singkapan batuan
Dari beberapa kaitan masalah mengenai masalah geofisika eksplorasi dapat kita lihat keterkaitannya dengan kehidupan kita, seandainya saja kegiatan eksplorasi terus dilakukan tanpa adanya integrasi lebih lanjut, maka kehancuranlah yang akan kita terima. Sehingganya dalam kajian ilmu apapun, intergasi sangat diperlukan agar terjadinya pembaharuan lebih lanjut untuk kajian dimasa depan kita.

Komentar

Postingan Populer